Rumus Biaya penjualan (HPP)

Biaya penjualan (HPP) adalah salah satu elemen penting dari rasio laba dan rugi perusahaan komersial. HPP berarti semua biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan barang yang dijual atau biaya barang yang dijual. Jika perusahaan akan menyiapkan laporan keuangan, khususnya laporan pendapatan, HPP harus dihitung pada periode saat ini. Perhitungan HPP yang benar dan akurat memengaruhi nilai laba perusahaan atau kerugian yang diderita perusahaan. Oleh karena itu, semakin akurat perhitungan HPP, semakin akurat laporan laba rugi perusahaan.

Elemen pembentuk HPP

Dalam perhitungan HPP, ada beberapa elemen yang membentuk HPP yang harus dipahami. Elemen-elemen ini termasuk persediaan awal, penghentian persediaan, pembelian bersih barang dan biaya selama proses produksi. Di bawah ini adalah penjelasan yang lebih rinci tentang elemen-elemen ini:

Persediaan awal barang
Persediaan awal barang adalah inventaris barang yang tersedia pada awal periode berjalan atau tahun keuangan. Neraca awal persediaan perusahaan dagang adalah dalam neraca transaksi berjalan atau dalam neraca awal perusahaan atau dalam neraca tahun sebelumnya.
Persediaan akhir persediaan


Persediaan akhir barang adalah inventaris barang pada akhir periode keuangan atau tahun. Saldo persediaan akhir perusahaan akan diketahui dari data penyesuaian perusahaan pada akhir periode.
Pembelian bersih

Pembelian bersih adalah semua pembelian barang yang dilakukan oleh perusahaan, baik pembelian barang secara tunai dan pembelian barang secara kredit, di samping biaya transportasi pembelian dan pengurangan pembelian dan pengembalian pembelian.

Biaya bahan baku
Bahan baku adalah dasar yang akan digunakan untuk membentuk bagian lengkap dari produk jadi. Bahan baku yang digunakan untuk produksi dapat diperoleh melalui produk-produk produksi lokal, impor atau sendiri. Biaya bahan baku termasuk biaya semua bahan yang dapat diidentifikasi dengan membuat jenis produk, mereka dapat dengan mudah dilacak atau dilihat dalam produk jadi. Biaya bahan baku memiliki bagian yang signifikan dari total biaya suatu produk.

Biaya tenaga kerja langsung
Pekerjaan adalah aktivitas fisik yang dilakukan oleh karyawan untuk mengembangkan suatu produk. Biaya langsung tenaga kerja termasuk biaya yang terkait dengan hadiah dalam bentuk upah yang diberikan kepada semua pekerja yang secara langsung berpartisipasi dalam produksi produk yang hasilnya dapat dilacak langsung ke produk dan upah yang diberikan merupakan bagian penting dari produksi produk.
Overhead

Secara umum, di perusahaan biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung adalah biaya produksi langsung. Semua biaya selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung yang terkait dengan produksi adalah biaya produksi tidak langsung. Istilah ini konsisten dengan sifat biaya umum yang tidak dapat atau sulit dilacak secara langsung ke produk atau aktivitas kerja. Biaya tidak langsung ini dikumpulkan dalam kategori yang disebut biaya pabrik umum (BOP) dan memerlukan proses alokasi yang adil untuk tujuan menghitung biaya produksi.

Perhitungan HPP

Singkatnya, rumus untuk menghitung HPP dari perusahaan dagang, yaitu

HPP = inventaris barang awal – inventaris barang akhir

Tetapi bagi perusahaan manufaktur untuk mendapatkan angka akurat dari HPP, mereka harus melalui langkah perhitungan yang benar dan benar. Tahapan perhitungan HPP adalah:

Fase 1: perhitungan bahan baku yang digunakan
Rumus untuk menghitung bahan baku yang digunakan adalah
Bahan baku yang digunakan = Saldo awal bahan baku + Pembelian bahan baku – Saldo akhir bahan baku

Langkah 2: perhitungan biaya produksi
Rumus untuk menghitung biaya produksi adalah
Total biaya produksi = Bahan baku yang digunakan + biaya tenaga kerja langsung + biaya produksi umum

Langkah 3: perhitungan biaya produksi
Rumus untuk menghitung biaya produksi adalah
Biaya produksi = Total biaya produksi + Saldo awal gudang barang dalam proses produksi – Saldo akhir gudang barang dalam proses produksi

Langkah 4: Hitung HPP
Rumus untuk menghitung HPP adalah
HPP = Biaya produksi + Persediaan barang awal – persediaan barang akhir

Sumber : https://rumus.co.id

In Pendidikan  

Comments are closed.