Rumus Maen, Median, dan Modus Data Kelompok + Cotoh Soal

Rumus mode data rata-rata, median dan kelompok + pertanyaan sampel

– Jumlah data yang diperoleh dari hasil penelitian sangat sering disajikan dalam data kelompok. Hal ini disebabkan fakta bahwa data yang akan disajikan lebih sederhana dan lebih mudah dibaca atau dianalisis. Jadi, bagaimana data kelompok dianalisis dan apa rumus dari data kelompok rata-rata, data kelompok yang mendukung dan formula dari mode data kelompok?

Analisis data akan berhasil jika dilakukan dalam beberapa fase, khususnya dengan mencari langkah-langkah pemusatan data yang meliputi: data rata-rata, rata-rata dan mode. Demikian pula, rumus untuk mencari rata-rata, median, modalitas untuk data tunggal berbeda dari rumus untuk rata-rata, median, mode untuk data kelompok. Di sini kita akan membahas formula ini.

Sebelum itu, saya akan menjelaskan terlebih dahulu bentuk dan presentasi data kelompok. Kami dapat menyajikan data grup dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, diagram batang, dll. Agar pembahasannya tidak terlalu lama, kami hanya akan mengambil dua contoh formulir presentasi data, yaitu data dari modul tabel dan data modul diagram batang. Karena pada dasarnya, bentuk presentasi yang digunakan adalah sama. Mari kita lihat presentasi dalam bentuk tabel dan diagram di bawah ini.

Penyajian data dalam bentuk tabel data:

Nilai frekuensi
11-20 3
21-30 5
31 – 40 10
41-50 50
51 – 60 8
61 – 70 3
Frekuensi = Jumlah data di kelas pertama

Tb = batas bawah kelas (41 – 0,5 = 40,5)

P = Panjang kelas = 10 (11-20 = 11,12,13,14,15,16,17,18,19 dan 20 = 10 Data) dan seterusnya.

Penyajian data dalam bentuk diagram batang:

Rumus rata-rata, mode data median dan grup + contoh pertanyaan
Komentar:

Banyak data kelas pertama = 3

Tb = batas bawah kelas (61-0.5 = 60.5)

P = Panjang kelas = 10 (11-20 = 11,12,13,14,15,16,17,18,19 dan 20 = 10 Data) dan seterusnya.

Sebelum mulai membahas rumus rata-rata, rumus median, dan rumus modalitas data kelompok, akan berguna jika pertama-tama kita memperhatikan rumus rata-rata, median, modalitas untuk data tunggal, seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.

Jenis formula
Rumus rata-rata Mode data sedang, median, dan grup + contoh pertanyaan
Mode data rata-rata rata-rata, median, dan grup + contoh pertanyaan
Mode nilai yang sering muncul
Komentar:

X = nilai rata-rata

Rumus rata-rata, mode data median dan grup + contoh pertanyaan
= Jumlah semua nilai Dat

n = jumlah semua frekuensi

Setelah membandingkan perbedaan antara rata-rata, median, modalitas untuk data tunggal dan perbedaan rata-rata, median, modalitas untuk data kelompok, kami sekarang memeriksa rata-rata, median, data kelompok berikut.

Ringkasan:
Data rumus rumus rata-rata (rata-rata)
Rumus kelompok data median
Rumus mode data kelompok
Contoh pertanyaan terkait dengan modalitas, median, dan median
Contoh masalah data tunggal
Data rumus rumus rata-rata (rata-rata)
Untuk dapat menentukan rata-rata atau rata-rata data kelompok, perlu untuk menjumlahkan semua data dan kemudian membaginya dengan jumlah data, namun, karena penyajian data kelompok disediakan dalam bentuk yang berbeda, rumus untuk mencari nilai medium (medium) untuk data grup tampaknya sedikit berbeda dengan mencari rata-rata (rata-rata) dalam satu datum. Rumus untuk data kelompok rata-rata diungkapkan oleh persamaan sebagai berikut.

Rumus kelompok data median
Median adalah data antara setelah diurutkan. Dalam satu datum, dimungkinkan untuk mencari nilai median dengan terlebih dahulu memesan data, kemudian mencari data yang tepat di tengah. Dengan cara ini hampir sama dengan menemukan median dalam datum tunggal, nilai median dalam data grup juga nilai rata-rata dari kumpulan data. Karena formulir penyajian data disajikan sebagai kelompok, data tidak dapat disortir sebagai satu bagian data. Oleh karena itu, formula diperlukan untuk menemukan nilai median dari kelompok data. Rumus median untuk data grup adalah sebagai berikut.

Rumus mode data kelompok
Mode adalah nilai data yang paling sering muncul atau data yang memiliki nilai frekuensi tertinggi. Menemukan nilai mode pada data tunggal sangat sederhana, yaitu menemukan nilai data dengan frekuensi terbesar. Tetapi mencari nilai mode dalam data grup tidak begitu mudah, kami mencari nilai mode pada satu data. Ini karena bentuk presentasi data kelompok disajikan dalam berbagai kelas. Dengan demikian, nilai mode data grup tidak mudah diperoleh secara langsung dan untuk menemukan nilai mode dari data grup, Anda perlu menggunakan rumus. Rumus mode data kelompok dapat dilihat sebagai persamaan .

Artikel Terkait : rumus kuartil

In Pendidikan  

Comments are closed.