Tips Merawat Motor Setelah Terendam Banjir

Ketika musim banjir tiba, kegiatan bermotor tidak bisa dihentikan karena mengemudi sudah menjadi rutin bagi masyarakat Indonesia. Musim banjir sering melanda bahkan kota-kota besar, dengan masalah banjir mungkin saja menghambat kegiatan kita sehari-hari, tidak bisa bekerja, tidak bisa mengumpulkan anak-anak dan sebagainya. Dalam hal ini saya ingin membahas informasi apa yang perlu kita cari atau apa yang perlu kita periksa setelah kecelakaan sepeda motor.

Semua orang Indonesia mungkin tidak berharap bahwa gelombang akan datang, tetapi jika itu datang, kita tidak bisa menolaknya atau tidak, dan kita akan menghadapinya sehingga kegiatan kita sehari-hari tidak berhenti dan jatuh di tengah hujan.

Ketika kita terlibat dalam kegiatan dan terhalang oleh banjir, kita tidak dapat pergi dengan sepeda motor kita tercinta. Karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sepeda motor beroperasi pada saat air pasang.

Jika sepeda motor Anda mogok saat beroperasi, terutama setelah banjir, Anda dapat segera memeriksa busi mesin. Jika itu tidak berhasil, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Jika masih berfungsi, Anda bisa membersihkan bagian-bagian tes sehingga percikan (splatter) menjadi lebih sempurna.
Anda juga dapat memeriksa kondisi filter udara. Biasanya, sepeda motor harus kebanjiran saat banjir dengan ketinggian air atau banjir di atas karburator. Filter udara harus diganti. Jika air menanggapi filter udara, filter udara harus dibersihkan) atau dapat diganti dengan yang baru.

Jika sepeda motor Anda mengalami kecelakaan atau terkadang gagal, itu bisa jadi karena sepeda Anda telah menambahkan air, dan Anda dapat membuang air di cangkang karburator melalui lubang pembuangan. Untuk posisi di bagian bawah karburator, biasanya ada baut plus / min. Dimungkinkan untuk membuka atau melonggarkan sekrup sehingga bensin bercampur dengan air dapat keluar. Jika karburator tidak dapat dibongkar, mesin dapat dibawa ke bengkel.
Langkah terakhir adalah mengecek kondisi oli mesin. Ketika air memasuki tangki, sudah pasti bahwa oli mesin juga akan bercampur dengan air. Air bisa masuk minyak melalui rotasi. Karena itu, oli bercampur dalam air, menyebabkan oli menjadi putih (milky), merusak komponen mesin.

Jika Anda merasa mesinnya tergelincir atau mesinnya tidak berfungsi, bahkan jika gas motornya tersumbat, Anda dapat segera membersihkan bagian CVT. Mesin tidak dapat bekerja meskipun didukung oleh gas dan dapat memasuki bagian CVT, memastikan bahwa sabuk-V basah dari air dan tergelincir

Bersihkan mesin

Tindakan yang tepat adalah membuka mesin. Mulai dari bak mesin untuk terlibat, blok silinder dan diuji pada karburator. Setelah mesin terbuka. Benamkan komponen dalam bensin untuk menghindari karat.

ganti oli

Kuras oli setelah sepeda motor tenggelam saat air pasang. Anda melakukannya dengan membersihkan kebun zaitun. Kemudian ganti oli baru sebagai kotoran atau air di antara mesin dan tutup oli bisa dicampur dengan oli.

Buka komponen listrik

Secepat mungkin, buka semua komponen listrik sepeda motor, seperti: Sebagai sakelar, konektor kabel, koil, dudukan lampu starter.

Jika tidak segera dibuka, itu dapat menyebabkan korosi yang menyebabkan korsleting. Keringkan komponen dengan mengeringkan atau menggunakan kompresor dan semprotkan cairan anti karat.

sistem pengereman

Biasanya, rem belakang sering digunakan setelah banjir. Ini disebabkan permukaan rem yang basah atau lembab. Ini dapat menyebabkan lengket pada permukaan drum.

Untuk mengatasi masalah ini, cuci rem belakang dan goyangkan menggunakan rem saat mesin bekerja. Dengan metode ini, ruang gendang dan permukaan bantalan dikeringkan.

Sumber : https://www.mesinmotor.com/

Baca Juga :

Pahami Karangan Narasi Beserta Contohnya

Kamu Ingin Bisa Menulis Teks Editorial, Simak Materinya Disini !

Comments are closed.