December 3, 2022
Mengenal Apa Itu Tes Kepribadian

Artikel ini membahas apa itu tes kepribadian beserta pengertiannya, contoh/jenis tes kepribadian, dan manfaat/tujuannya.

Seperti yang kita ketahui, tes kepribadian sering digunakan ketika sebuah perusahaan merekrut atau menyeleksi karyawan. Baik BUMN maupun swasta.

Tahukah kamu apa itu tes kepribadian? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian tes kepribadian.

“Kepribadian adalah pola pemikiran, perasaan, dan perilaku yang bertahan lama dan khas yang menjelaskan bagaimana seseorang cocok dengan dunianya,” menurut teori King: 126.

Tes kepribadian merupakan salah satu metode untuk menilai konstruksi kepribadian manusia. Dengan kata lain, tes kepribadian dilakukan dengan tujuan mengungkapkan sedikit banyak karakteristik eksternal seseorang, seperti cara berbicara, berpakaian, nada suara, hobi atau kesenangan, dan lainnya.

Sebagian besar alat penilaian kepribadian sebenarnya adalah ukuran penilaian diri introspektif, kuesioner, atau laporan yang diambil dari dokumen kehidupan.

Manfaat tes kepribadian

Menurut Lee J. Cronbach dalam Essential of Psychological Testing, manfaat dari tes kepribadian adalah mengetahui perbedaan antara masing-masing kepribadian, dan kepribadian itu sendiri adalah individu, yang berarti tidak ada yang memiliki kepribadian yang sama dengan yang lain.

Kepribadian tidak benar atau salah, baik atau buruk. Kepribadian adalah siapa diri kita yang memiliki kepribadian unik yang berbeda dari orang lain.

Tes kepribadian dapat membantu seseorang memahami mengapa mereka menyukai hal-hal tertentu dan tidak menyukai orang lain. Pemahaman ini dapat membantu ketika membuat keputusan penting yang memiliki implikasi jangka panjang, seperti: B. memilih isu atau posisi.

pengukuran tes kepribadian

Beberapa aspek yang diukur dalam tes kepribadian adalah komitmen, optimisme, kemandirian, pengendalian diri, kepercayaan diri, hubungan interpersonal, motivasi untuk sukses, pengaturan diri dan ketahanan terhadap stres.

Empat kriteria untuk identifikasi kepribadian:

Adanya fakta psikometrik karena adanya faktor-faktor tersebut harus dapat dipercaya dan dapat diverifikasi.
Faktor-faktor tersebut harus memiliki hereditas sebagai hereditas.
Faktor-faktor ini harus masuk akal dari sudut pandang teoretis karena ada data yang secara logis sesuai dengan teori.
Faktor-faktor tersebut harus memiliki relevansi sosial, yaitu memiliki keterkaitan dengan variabel-variabel yang relevan secara sosial, seperti misalnya. B. perilaku psikotik, kenakalan.

Jenis tes kepribadian:

  1. Tes kepribadian DAP
    Tes Kepribadian DAP (Menggambar Orang) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang dengan menganalisis gambar orang yang dibuat oleh peserta ujian.

Baca juga: Tes Kepribadian: Sulit Menemukan Cinta Sejati? Itulah alasannya!

  1. Tes kepribadian Baum
    Tes Kepribadian Pohon (Tree Test) adalah tes yang dirancang untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang dengan menganalisis foto-foto pohon yang diambil oleh peserta ujian.
  2. Tes Kepribadian Enneagram
    Tes Kepribadian Enneagram Personality Test adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian atau karakter seseorang, dipecah menjadi 9 jenis atau melalui serangkaian pertanyaan tertentu.
  3. Tes kepribadian efikasi diri
    Tes kepribadian Self-efficacy adalah tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat keefektifan (cepat dan akurat) seseorang dalam melakukan tugas dan memecahkan berbagai situasi sulit.
  4. Tes kepribadian HTP (House Tree Person).
    Tes kepribadian HTP (House Tree Person) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang dengan menganalisis gambar pohon, rumah, dan orang yang diuji.
  5. Tes Kepribadian EPPS
    Tes Kepribadian EPPS adalah tes kepribadian yang dirancang untuk mengetahui sifat motivasi, preferensi, dan kebutuhan pribadi seseorang melalui serangkaian pertanyaan spesifik.
  6. Tes Akurasi Kepribadian
    Tes Kecermatan Kepribadian adalah tes yang digunakan untuk mengukur kecermatan atau ketepatan seseorang dalam mengolah data yang berupa angka, kata, atau gabungan angka dan kata.
  7. Tes Kepribadian MBTI
    Tes Kepribadian MBTI adalah tes yang dirancang untuk menentukan tipe kepribadian seseorang di sekitar Anda dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada mereka.

pubinamargajatim.id